POJOK DISKUSI

Name

Mei 20, 2024

CAKRA JATENG – MEDIA ONLINE WARGA JATENG BERITANYA WARGA JAWA TENGAH

Program Umrah Gratis, Bupati Hartopo Prioritaskan Warga yang Taat Beribadah

KUDUS, cakrajateng.com – Keinginan Bupati Kudus Hartopo mewujudkan mimpi masyarakat ke tanah suci diwujudkan dengan program umrah gratis. Bupati menyampaikan program ini diperuntukkan bagi warga Kudus yang taat beribadah dan berakhlak mulia.

“Program umrah gratis ini saya khususkan kepada masyarakat Kabupaten Kudus yang memang baik dalam ibadah dan akhlaknya,” ucapnya sebelum calon melepas jemaah umrah di Pendopo Kabupaten Kudus, Rabu (3/5).

Hartopo mengungkapkan program dapat terwujud berkat sinergitas legislatif dan eksekutif. Pihaknya menjelaskan DPRD Kudus akan mengawal program umrah gratis tetap terlaksana meskipun masa jabatannya akan berakhir pada September mendatang.

“Saya menitipkan program ini kepada Pak Ketua DPRD Pak Masan dan Pak Wakil Ketua DPRD Pak Mukhasiron biar terus terlaksana,” tuturnya.

Baca juga  Bupati Titip Doa Pada Calon Jemaah Haji Untuk Kebaikan Kabupaten Kudus

Lebih lanjut, bupati berpesan agar jemaah mengutamakan kewajiban dan rukun umrah. Hal-hal sunnah lainnya seperti salat dekat dengan kakbah bisa dilakukan ketika keadaannya memungkinkan. Pihaknya meminta jemaah tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Sebab, ibadah umrah adalah ibadah fisik.

“Jangan hanya mengejar sunnah tapi lupa melaksanakan kewajiban. Kalau memang memungkinkan ya silakan tapi kalau tidak ya tidak perlu. Yang penting tetap jaga kesehatan,” pesannya.

Salah satu peserta, Lasmi, warga Desa Gondangmanis berusia 55 tahun terharu bisa ikut program umroh gratis dari bupati. Dia yang sehari-hari bekerja sebagai petani berdoa agar keseluruhan ibadah berjalan lancar.

“Alhamdulillah bersyukur bisa ikut umrah gratisnya Pak Bupati. Bismillah semoga nanti lancar sampai pulang ke sini,” ucapnya. 

Baca juga  Bupati Hartopo Ajak Masyarakat Ikut Menjaga Kondusifitas Kabupaten Kudus

Ketua panitia, Zuhal Laila Nova menjelaskan peserta yang diberangkatkan sebanyak 68 orang. Pihaknya berterima kasih atas program mulia yang diinisiasi Bupati Kudus. Zuhal berpesan kepada jemaah untuk selalu berkoordinasi dan saling menjaga satu sama lain.

“Calon jemaah umrah yang diberangkatkan 68 orang yang akan terbagi dalam dua grup,” jelasnya.

Sebelum memberangkatkan, bupati juga memberikan bantuan untuk para jemaah. Sementara itu, pemberangkatan jemaah disaksikan Ketua DPRD Kudus Masan dan Wakil Ketua DPRD Mukhasiron. (*)

Bagikan :