POJOK DISKUSI

Name

Juli 5, 2022

MEDIA ONLINE WARGA JATENG BERITANYA WARGA JAWA TENGAH

Istimewa: Layanan delivery pengurusan dokumen pencatatan sipil, Dinas Dukcapil Kudus

Dukcapil Kudus Layani Delivery Order Pengurusan Dokumen Pencatatan Sipil

Kudus, KejoraMuria. Com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kudus memberikan layanan ekstra bagi masyarakat Kudus. Tak hanya membuka layanan di Kantor Dinas Dukcapil dan Jemput Bola, layanan juga dapat dilakukan via delivery.

Hal tersebut diterangkan Kepala Dukcapil Kudus melalui Kabid Pencatatan Sipil, Titit Sri Harjanti jika layanan delivery dilakukan untuk mempermudah pengurusan bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu dalam mengurus dokumen pencatatan sipil.

”Untuk layanan delivery kami lakukan untuk mempermudah pelayanan dalam pengurusan dokumen pencatatan sipil ke masyarakat Kudus,” terangnya (30/10).

Lanjut dia pelayanan delivery bekerja sama dengan berbagai Instansi terkait, yakni seluruh rumah sakit di Kabupaten Kudus, BLUD Puskesmas, Kantor Kecamatan, Kantor Desa, dan rumah pelayanan yang dibuka Dukcapil Kudus di Desa-Desa Kabupaten Kudus.

Baca juga  Bupati Hartopo Pastikan Natal di Kudus Aman

Permohonan delivery cukup mudah, untuk pengurusan dokumen pencatatan sipil baik itu Akta Kelahiran dan perubahan Kartu Keluarga (KK) atau (paket 2 in 1) bagi bayi yang baru lahir dapat melalui rumah sakit dan puskesmas setempat.

Sedangkan dokumen pencatatan sipil untuk Akta Kematian, perubahan KK, dan perubahan status Ktp-el pasangan (paket 3 in 1) dapat mengajukan pengurusan melalui Desa atau layanan “Rumah Paman Capil” setempat.

”Kami bekerja sama dengan rumah sakit, BLUD puskesmas, instansi Kecamatan, Desa, hingga rumah layanan Rumah Paman Capil di Desa-Desa, masyarakat dapat memanfaatkan layanan delivery ini,” ujarnya.

Pihaknya menjamin semua layanan delivery Dinas Dukcapil Kudus gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Pemohon tinggal memenuhi syarat-syarat penerbitan dokumen. Selanjutnya pihak rumah sakit, BLUD puskesmas, desa, atau relawan di rumah layanan akan mengirim data gambar persyaratan via grup whatapps yang dibentuk Dinas Dukcapil Kudus.

Baca juga  Resmikan Gedung Satpas Prototipe dan Masjid, Kapolda Minta Layanan Ditingkatkan

Setelah syarat terpenuhi, permohonan akan segera diproses dan ketika selesai akan langsung diantar langsung oleh petugas dari Dinas Dukcapil Kudus yang akan mengambil serta dokumen persyaratan.

”Kami jamin semua layanan delivery Dinas Dukcapil Kudus gratis dan tidak ada biaya sepeserpun. Delivery murni untuk melayani masyarakat Kudus, ” tutupnya. (ap)

Bagikan :