POJOK DISKUSI

Name

Agustus 11, 2022

MEDIA ONLINE WARGA JATENG BERITANYA WARGA JAWA TENGAH

Pesta Siaga Tanamkan Pendidikan Karakter Melalui Dwi Satya

KUDUS – Pramuka siaga semangat mengikuti kegiatan Pesta Siaga Kwartir Cabang Kudus Tahun 2022. Sebanyak 144 peserta dari perwakilan Kwartir Ranting se-Kabupaten Kudus mengikuti lomba kepramukaan selama satu hari di Halaman Museum Kretek, Sabtu (12/3). Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, serta secara simbolis menyematkan tanda kepesertaan. 
Pesta Siaga menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan bagian dari proses pendidikan kepramukaan. Tujuannya antara lain mengembangkan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan serta memberikan sarana meningkatkan kemampuan, kecakapan dan ketrampilan Pramuka Siaga. Pada kesempatan ini, Mawar Anggraeni mengajak para peserta untuk memanfaatkan sebagai sarana mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.


“Sesuai janji Dwi Satya dan Dwi Darma, amalkan dalam kehidupan sehari – hari agar kelak kalian menjadi manusia yang berkarakter serta berkepribadian unggul. Gantungkan cita – cita setinggi langit, raihlah Prestasi dengan segala usahamu, maju terus pantang mundur,” pesannya. 
Apresiasi tak lupa disampaikan Ketua Kwarcab kepada kepada panitia pelaksana yang berdedikasi dalam menyukseskan  kegiatan pesta siaga. Sedangkan kepada para kakak pembina diharapkan agar menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara. 
“Jadikanlah kegiatan Pesta Siaga ini sebagai sarana untuk membina, menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara,” tuturnya. 
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala OPD Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pariwisata selaku Anggota Mabicab serta Camat se-Kabupaten Kudus selaku Ketua Mabiran. Pesta siaga tahun ini mengambil tema siaga sehat cerdas, tanggap, ceria.
Dalam upacara penutupan, Mawar Anggraeni turut bangga melihat kegigihan pramuka siaga dalam mengikuti kegiatan yang dilombakan. Dirinya menitipkan pesan bagi yang menjadi juara agar terus mengembangkan prestasi, dan untuk yang belum supaya terus semangat belajar. 

Baca juga  Bupati : Sinergi Forkopimda Kunci Keberhasilan Kudus Tangani Covid-19


“Bagi yang juara tetap tingkatkan prestasi karena akan menjadi perwakilan pramuka siaga Kwarcab Kudus ke tingkat selanjutnya. Bagi yang belum jangan berputus asa karena bagi saya semua sudah menjadi juara,” ujarnya dengan dilanjutkan pelepasan tanda kepesertaan. 
Panitia pun mengumumkan barung berprestasi untuk pramuka siaga putra dan putri. Untuk barung putra, tergiat juara satu diraih oleh perwakilan Kwarran Bae dengan skor 946, disusul perwakilan Kwarran kota dengan skor 936 dan kwarran Kaliwungu dengan skor 935. Sementara untuk juara kwarran putri, tergiat juara satu diraih perwakilan Kwarran Jekulo dengan skor 959, disusul perwakilan Kwarran Kota dengan skor 958 dan perwakilan Kwarran Bae dengan skor 957. (DKI)

Baca juga  DWI YUSI: "CUKAI ILLEGAL SAMA DENGAN PENJARA"
Bagikan :