POJOK DISKUSI

Name

Desember 5, 2022

MEDIA ONLINE WARGA JATENG BERITANYA WARGA JAWA TENGAH

Tekankan Kemandirian Pada Wisudawan, Hartopo : Jangan Selalu Bergantung Pada Siapapun

KUDUS, cakrajateng.com – Ucapan selamat dan sukses diberikan orang nomor satu di Kabupaten Kudus, Bupati Hartopo ketika menghadiri sidang senat terbuka wisuda pascasarjana dan sarjana ke-69 Universitas Muria Kudus (UMK), Selasa (15/11) siang di auditorium UMK Kudus.


“Selamat atas wisudanya panjenengan, semoga ilmunya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” ucapnya.


Pihaknya mengingatkan bahwa apa yang telah diraih tentunya tak luput dari peran serta dan dukungan orang tua dan para guru. Oleh karena itu, Hartopo meminta dimanapun berada jasa-jasa mereka tetap selalu dikenang.
“Peran dan jasa orang tua serta para guru harus selalu diingat. Karena dukungan beliau dapat menghantarkan panjenengan dapat lulus dan menjadi seorang sarjana/pasca sarjana,” katanya.


Usai melaksanakan prosesi wisuda, Hartopo mengingatkan para wisudawan tentang penataan konsep kehidupan yang akan dilalui sehingga dapat memiliki peran nyata dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.
“Panjenengan harus memiliki konsep dasar dalam kehidupan. Dengan kondisi era globalisasi saat ini, harus memiliki rencana yang matang untuk menata kehidupan usai di wisuda ini. Jangan sampai habis wisuda nglokro (nganggur), persiapkan diri karena banyak persaingan dalam dunia kerja,” imbaunya.

Baca juga  Serahkan Bantuan RTLH, Bupati Kudus : Bentuk Kontribusi Yang Terjalin Baik Dengan Baznas


Oleh karena itu, kemandirian selalu ditekankan Hartopo pada setiap diri wisudawan. Apresiasi juga diberikan pada wisudawan yang telah mandiri selama proses menuntut ilmu.


“Banyak mahasiswa yang bisa mandiri dengan membiayai kebutuhannya sendiri, itu harus dicontoh. Makanya saya selalu tekankan kemandirian pada adik-adik wisudawan. Jangan selalu tergantung pada siapapun, karena ketergantungan tidak ada yang abadi dan suatu saat akan putus. Oleh karena itu, kemandirian harus dimiliki karena akan membentuk karakter yang baik,” pesannya.


Terakhir, Hartopo juga memberikan seruan bagi seluruh masyarakat, khususnya mahasiswa yang melaksanakan prosesi wisuda untuk fokus menata masa depan yang lebih baik, sehingga apa yang diharapkan dapat menjadi sebuah kenyataan.

Baca juga  Patiayam Digadang Jadi Situs Purbakala Terbesar Di Indonesia


“Pesan saya untuk adik-adik mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, kehidupan perlu dipertahankan, gaya hidup perlu ada batasan. Fokuslah pada sebuah tujuan untuk meraih masa depan,” tandasnya.


Pesan bupati nampaknya mengena dalam diri mahasiswa jurusan Psikologi, Bayu Anggarianto. Dirinya mengaku akan menjadikan motivasi hidup dari seluruh penyampaian Bupati Hartopo.


“Apa yang disampaikan Pak Hartopo tentunya akan jadi motivasi dan pelecut semangat saya. Sangat menginspirasi tentunya. Mohon doanya untuk kami mengarungi kehidupan yang sesungguhnya usai resmi menjadi sarjana,” ungkapnya. (*)

Bagikan :