POJOK DISKUSI

Name

Oktober 20, 2021

MEDIA ONLINE WARGA JATENG BERITANYA WARGA JAWA TENGAH

meninjau pelaksanaan posyandu dan sekaligus menyerahkan PMT balita di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Senin (4/10)

Tingkatkan Kesehatan Anak, Posyandu Harus Berinovasi

KUDUS – Posyandu memiliki peran yang sangat penting sebagai pengawasan terhadap tumbuh kembang balita dan kesehatan ibu. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan evaluasi, lomba posyandu tingkat kabupaten secara rutin digelar oleh Dinas Kesehatan bersama PKK. Dalam perlombaan tahun ini, TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, hadir secara langsung meninjau pelaksanaan posyandu dan sekaligus menyerahkan PMT balita di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Senin (4/10).
Mawar Hartopo dalam sambutan pengarahannya mengatakan bahwa posyandu merupakan garda terdepan dalam memantau kesehatan ibu dan anak. Maka dari itu dibutuhkan sinergi kader posyandu bersama tenaga kesehatan puskesmas dalam setiap kegiatan perencanaan dan pelaksanaannya. 


“Kader sebagai yang paling dekat dengan masyarakat harus didampingi dengan tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya. Karena posyandu adalah garda terdepan kesehatan masyarakat,” ujarnya. 
Dirinya juga mendorong adanya inovasi pada posyandu untuk mengikuti era yang serba canggih seperti saat ini. Contohnya, dalam melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dapat dilakukan secara interaktif melalui teknologi komunikasi yang ada. 
“Jaman yang semakin canggih, otomatis semakin mudah dalam mensosialisasikan kepada masyarakat. Ayo bagi para kader bisa kasih edukasi untuk ibu-ibu hamil cara menjaga kesehatan demi mempersiapkan sang buah hati,” tuturnya.
Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus dikawal tumbuh kembangnya, terutama ketika sedang berada dalam masa emas. Mawar Hartopo berpesan kepada ibu-ibu untuk senantiasa memantau kesehatan anak agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi.
“Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus kita kawal. Untuk ibu-ibu memang harus pantau sebaik-baiknya kondisi anak-anak dan ditelateni biar menjadi generasi penerus sehat dan cerdas,” pungkasnya.

Bagikan :
Baca juga  Meski Gratis, SMP PGRI Belum ada Siswa